Selasa, 29 Januari 2013

Internet Sebagai Media Pemersatu Kebudayaan Di Indonesia



Di era milenium ketiga, penggunaan teknologi informasi di Indonesia khususnya internet mengalami kenaikan yang signifikan. Menjamurnya warung internet di berbagai tempat, khususnya di kota-kota besar di Indonesia menjadi indikator tingginya minat masyarakat untuk mengakses berbagai informasi yang disajikan oleh dunia maya. Namun demikian, ternyata perkembangan ini tidak cukup menggembirakan karena ternyata kemanfaatan teknologi informasi berupa internet belum terlihat pada sebagian besar masyarakat yang menggunakannya. Bahkan justru ditemukan adanya kontradiksi berupa penyalahgunaan internet untuk berbagai pelanggaran, baik hukum, kesusilaan maupun agama. Hal ini boleh jadi karena kehadiran internet menjadi guncangan budaya yang cukup berat bagi masyarakat Indonesia saat ini.
Dibalik perkembangan internet di Indonesia, ada sedikit cerita tentang kebudayaan yang mulai meredup. Kebudayaan di negeri ini semakin terkikis sedikit demi sedikit seiring digunakannya internet sebagai media informasi. Masyarakat secara luas beralih dari kebudayaan yang terkesan kuno yang mereka yakini sejak jaman nenek moyang ke era internet yang sekarang mulai masuk ke pelosok daerah. Namun dibalik dampak negatif yang timbul dengan adanya internet, internet itu sendiri memiliki sisi positif yang tak kalah besar dengan dampak negatifnya. Dengan adanya internet sebagai media informasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun kita berada, serta menjadikan kita tahu akan perkembangan budaya di Indonesia menyebabkan internet menjadi media yang paling populer saat ini. Bahkan internet sendiri sebagai penyebab utama kebudayaan Indonesia dapat tersebar luas dan dapat diakses pula oleh orang di luar Indonesia.
Kebudayaan-kebudayaan yang memiliki nilai tersendiri di kalangan masyarakat luas, akan tetap terjaga ketika ada sebagian orang atau kelompok yang mau melestarikannya. Dalam melestarikan budaya yang ada di Indonesia, kita sebagai warga Indonesia perlu melakukan perubahan yang besar dalam era modern ini. Perbaikan dari sisi teknis maupun non teknis harus segera dilakukan. Jangan hanya bicara namun tak pernah melaksanakannya. Jika bekerja pun hasilnya akan nol. Itu yang tidak dibutuhkan di dalam melestarikan kebudayaan di negeri yang makmur ini.
Internet tetap menjadi pilihan pertama sebagai media informasi yang dapat mengakses berita-berita yang berhubungan dengan kebudayaan di Indonesia. Karena media ini dirasa paling efektif dan efisien dalam melestarikan kebudayaan yang mulai meredup. Lewat blog,facebook,twitter dan berbagai aplikasi yang ada didalamnya, internet merupakan media paling dengan fitur paling lengkap. Selain itu, media internet ini menjadi salah satu alat pemersatu kebudayaan yang sangat beraneka ragam yang ada di negeri kita ini. Bayangkan saja, apabila salah satu kelompok mayarakat yang berada di Aceh ingin mengetahui kebudayaan yang ada di Papua sana, apakah mereka harus jauh-jauh pergi ke Papua? Jawabannya tidak perlu, karena ada media internet yang dapat mengakses informasi dari Papua secara cepat dan langsung. Begitu pula sebaliknya. Bahkan negara lain pun yang ingin mengetahui kebudayaan yang ada di Indonesia hanya tinggal “klik” di internet, mereka pun bisa menikmati dengan hanya berada di depan komputer,laptop,tablet,ataupun perangkat lainnya. 

0 komentar:

Posting Komentar